IBNU HAJAR

Berpacu menjadi yang terbaik

Kategori

google

    Loading

Calender

Pengantar Sistem Operasi

diposting oleh ibnu-h--fst10 pada 20 May 2012
di Umum - 6 komentar

Sistem operasi atau yang biasa dikenal dengan OS, merupakan suatu program dasar yang menjalankan segala fungsi hardware sebagai mana fungsinya. Dewasa ini kita telah diperkenalkan berbagai macam sistem operasi mulai dari yang sederhana hingga sistem operasi yang sangat komplek. Persaingan antara vendor penyedia sistem operasipun sudah mulai memanas, para vendor berusaha bersaing untuk menyajikan sistem operasi yang semakin kompleks dan mudah di akses. Terdapat beberapa macam operating sistem yang memiliki nama besar seperti Windows dan Linux.

Windows merupakan salah satu operating system yang sejak lama kita kenal. Windows sendiri merupakan sistem operasi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan besar yaitu Microsoft. Dalam sejarah perkembanganya windows telah mengalami beberapa perkembangan. Mulai dari DOS, windows 3, windows 3.1, windows 95, windows 98, windows ME, windows 2000, windows XP, windows vista, windows 7 dan yang terbaru adalah windows 8. Dari beberapa versi yang telah diluncurkan windows XP merupakan versi windows yang memiliki banyak keunggulan. Selain cara pengaksesannya yang bisa dibilang mudah, widows XP juga dapat mensupport banyak aplikasi pendukung. Selain itu windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinnya.

Selanjuntnya Microsoft mencoba sebuah inovasi baru dengan merubah tapilan windows menjadi lebih menarik dengan tampilan aero yang dimilikinya. Kekurangannya adalah pada aplikasi pendukungnya, banyak aplikasi pendukung yang tidak disupport oleh Vista, berbeda dengan XP. selanjutnya Microsoft memadukan antara tampilan yang menarik(vista) dengan kestabilan system yang dimiliki XP menjadi sesuatu yang baru yang kita kenal dengan Windows 7.  Semakin berkembangnya gadget juga membuat microsoft mengembangkan windows versi baru. Meskipun belum resmi di luncurkan, windows 8 telah resmi diperkenalkan. Windows 8 menyajikan kelebihan yang semakin mudah di akses. tampilan yang disajikan pada versi ini merupakan tampilan ala layar sentuh selain itu penggunaan memori yang tidak terlalu besar juga membuat windows ini tidak terlalu membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi.

Selain windows kita juga mengenal operating system lain yang juga terkenal adlah linux. Linux merupakan operating system yang memiliki keunikan tersendiri. Sistem open source yang disediakan membuat linux dapat di otak-atik sesuai kehendak hati pengguna. Oleh sebab itu perkembangannya cukup cepat.

Pada dasarnya terdapat banyak sistem operasi yang dapat kita gunakan selain windows dan linux, seperti MC OS, IBM-OS, Solaris dan freeBSD. Bergantung sistem seperti apa yang kita kehendaki. Dari berbagai macam sistem operasi yang ada masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing bergantung bagaimana keperluan kita.

6 Komentar

mnnm

pada : 20 May 2012


"ini bahas sistem operasi secara umum atau windows doank kk? kok geje. judulnya sistem operasi bhasnya cakupan windows tapi. peace ^^v"


Ibnu

pada : 21 May 2012


"memang pembahasannya sengaja seperti itu supaya banyak yang bertanya,,
=)"


NIA FITRIANA

pada : 21 May 2012


"nunuee... pembahasan untuk persaingan antara embedded system sama PC berbasis OS... tu gmana??? :)"


Ibnu

pada : 25 May 2012


"@nia: embedded system itu kan sistem yang tidak bisa berdiri sendiri, jadi harus ad suatu penyokong agar bisa berjalan, biasanya embedded system d tanamkan d mobile phone, nah saat ini vendor2 penyedia OS mulai bersaing membuat OS yang semakin simple dan mini untuk memasuki pasaran , , ,
"


bayu trisnawan

pada : 04 June 2012


"gan rusaknya wifi laptop tu pa rusak windowsnya??
terus kl windowsnya rusak gimana benerinya??"


admin

pada : 08 June 2012


"kemungkinan driver wifinya belum terinstall dengan benar. klo mw repair windows caranya ketika booting tekan tombol f8. setelah moncul bootmenu silakan pilih repair windows. cara lainnya adalah dengan memasukkan DVD windosnya nanti akanad pilihan repair windows."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :