IBNU HAJAR

Berpacu menjadi yang terbaik

Kategori

google

    Loading

Calender

komunikasi data

diposting oleh ibnu-h--fst10 pada 04 June 2012
di Umum - 5 komentar

Hey sobat blogger, kali ini saya mau berbagi ilmu lagi ne. Mudah-mudahan kalian gak bosen dech baca blog saya. ^^

Pada postingan ini saya akan membahas mengenai, sistem komunikasi data pada komputer kita.  Nah, mari kita pelajari bersama.

Transmisi data merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi (mengirim dan menerima data) oleh komputer kita. Pada awal pembuatannya, proses transmisi data dialakukan menggunakan kabel paralel. Kelebihan dari transmisi data menggunakan metode ini adalah kita dapat mengirim data dalam jumlah besar dalam sekali eksekusi. Kekurangannya adalah lintasan pengirim datanya panjang sehingga data yang terkirim terkadang mengalami kecacatan. Oleh karena itu, para pakar IT pada zam itu berpikir keras untuk menemukan sesuatu cara baru untuk menstrasmisikan data dan pada akhirnya ditemukanlah metode baru. Metode yang digunakan adalah dengan memberi kode-kode(serial) pada setiap data yang dikirim dan di kelompokan menjadi beberapa kelompok. Sehingga mempermudah pengaksesan data. Selain itu panjang kabel penghantar yang diperlukan juga tidak terlalu panjang sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan data sangat kecil sekali. Oleh karena itu penggunaan kabel serial saat ini makin pesat. Misalnya untuk keperluan networking, transfer data dll.  Proses komunikasi antar komputer selanjutnya berkembang menjadi sangat pesat. Saat ini kita dapat mengakses berbagai data yang ada didunia dengan mengaksesnya melalui network yang ada.

Nah dalam komunikasi yang global inilah komputer kita memanfaat kan suatu kode tertentu sebagai identitasnya yang kita kenal sebagai IP (internet protocol).  Terdapat dua buah tipe IP yang pertama adalah privet dan yang kedua adalah Public. Perbedaannya adalah pada penggunaanya, IP public digunakan ketika kita mengakses sesuatu yang bersiafat public maka kita akan memiliki IP public yang dapat dikenali oleh semua orang yang mengakses jaringan yang sama dengan kita. IP publi biasanya disediakan oleh internet service provider. Sedangkan IP  privet merupakan identitas kita yang kita dapat ketika kita mengakses jaringan yang bersifat lokal misalnya jaringan internet dirumah, dikantor, dan tempat-tempat akses yang tidak bersivat public (umum).

Dengan akses seperti itulah komputer kiota dapat berkomunikasi dan saling bertukar data antara yang satu dengan yang lainnya. Semoga pembahsan kali ini bermanfaat.
see you..\^^/

source:

http://galih225.blogspot.com/2010/06/ip-address-ip-private-dan-ip-public.html
http://chandraisme.wordpress.com/2011/03/20/perbedaan-ip-public-dan-ip-private/

5 Komentar

DYAH WULAN PUTRI P

pada : 04 June 2012


"Saya mau bertanya, bagaimana cara mendapatkan IP public , lalu apakah IP public tersebut dapat langsung diakses orang banyak atau harus melalui admin? terimakasih... "


admin

pada : 04 June 2012


"IP public diberikan oleh penyedia jaringan,biasanya d sebut ISP. Nah ISP inilah yang bertugas memberikan IP public.
Dengan IP public inilah komputer yang kita gunakan saling berkomunikasi dengan komputer lain. Dapat d akses dengan ijin ISP."


Budi Sutrisno

pada : 18 June 2012


"Hmmm,,,kenapa proses transmisi data dengan kabel paralel lintasan pengiriman datanya panjang??bisa dijelaskan sistematisnya?"


admin

pada : 20 June 2012


"karena sistem pengirimannya yang masih sederhana. Yaitu mengirimkan sejumlah data sekaligus dalam satu waktu."


nabila meutia zahra

pada : 23 June 2012


"pi, saya ingin bertanya, bagaimana proses transimisi data menggunakan media wireless, atau saat kita akan mengirim email ke org lain dengan laptop yang terkoneksi menggunakan modem wireless. bagaimana prosesnya data bisa sampai ke server padahal tidak menggunakan kabel. terimakasih"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :