IBNU HAJAR

Berpacu menjadi yang terbaik

Kategori

google

    Loading

Calender

Pengenalan Sistem Cerdas

diposting oleh ibnu-h--fst10 pada 17 March 2013
di Umum - 0 komentar

Saat ini perkembangan teknologi di dunia semakin pesat. Seiring dengan kepadatan penduduk yang semakin besar. manusia mulai berfikir mengenai otomatisasi di segala aspek pekerjaan untuk mempermudah pekerjaan mereka. Sehingga semakin banyak teknologi yang dibuat untuk proses tersebut.

 

Manusia sebagai makhluk yang istimewa memiliki suatu pola berpikir yang unik. Hal ini dikarenakan otak manusia mampu mengaitkan beberapa hal sebelum akhirnya menarik kesimpulan atau tindakan tertentu. Pola pengambilan keputusan yang dilakukan manusia inilah yang saat ini mulai ditiru beberapa ahli untuk membuat suatu mesin yang nantinya dapat meniru proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manusia.  Sistem ini disebut sebagai kecerdasan buatan (Arificial Intelegence).


Sistem cerdas merupakan sebutan untuk sebuah sistem tekologi pada mesin yang dibuat untuk dapat meniru pola fikir manusia dalam mengambil suatu keputusan. Artinya perangkat tersebut diajari bagaimmana proses pengambilan keputusan berdasarkan nalar manusia. Secara umum perangkat mesin yang menggunakan sistem cerdas diajarkan suatu logika samar (fuzzy logic system) dimana mesin tersebut tidak hanya melakukan perintah yang bersifat 'iya' atau 'tidak' melainkan suatu perintah yang membutuhkan pemikiran yang mengaitkan beberapa informasi untuk menjadi suatu keputusan. Dengan kata lain, mesin diajarkan untuk mempunyai 'perasaan'. Dengan adanya sistem seperti ini diharapkan kelak mesin dapat menjadi partner kerja manusia untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

                   image source : tvpmagazine.com

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :