IBNU HAJAR

Berpacu menjadi yang terbaik

Kategori

google

    Loading

Calender

Artificial Neural Network

diposting oleh ibnu-h--fst10 pada 17 March 2013
di Umum - 0 komentar

Kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal dengan istilah Artificial Neural Network. Selamat membaca.^^

Manusia merupakan mahluk yang sempurna. Manusia dibekali sebuah kecerdasan yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Proses perkembangan kecerdasan menusia dilakukan  melalui ‘belajar’. Manusia mampu belajar melalui informasi yang diterimanya setiap saat, informasi ini di olah di pusat kecerdasaan manusia yaitu otak. Didalam otak informasi diolah melalui sel syaraf yang disebut neuron. Pada otak manusia terdapat + 10 milyar sel neuron yang saling terintegrasi dan berkolerasi anatar selnya. Hal inilah yang membuat manusia berkembang. Saat ini para ahli mulai mempelajari kemampuan sel neuron yang begitu menakjubkan. Kemampuan pengolahan informasi yang begitu cepat dan praktis ini kini mulai diterapkan kedalam suatu sistem kecerdasan buatan (Artificial Neural Network).

Kecerdasan buatan ini dibuat sedemikian rupa, meniru sistem neuron pada manusia. Secara garis besar kecerdasan buatan bertujuan untuk membentuk pola yang sinergi antara input dan ouput agar diperoleh hasil yang maksimal dalam suatu pekerjaan. Dengan menggunakan kecerdasan buatan diharapkan suatu sistem dapat menghasilkan keluaran yang maksimal dari input yang diberikan. Selain itu, dengan sistem ini kita dapat membuat suatu sistem yang terus menerus berkembang seperti halnya manusia yang dapat belajar dari informasi – informasi yang di dapatkan sebelumnya.

Suatu sistem yang menggunakan kecerdasan buatan akan mampu menggeneralisasi beberapa inputan menjadi outputan tertentu. Dengan kata lain sistem yang menggunakan kecerdasan buatan dapat berkembang secara mandiri melalui proses ‘belajar’ seperti halnya manusia. Jadi kita akan memiliki sistem yang dapat memberikan kita solusi tepat mengenai suatu permasalahan menggunakan kecerdasan buatan. Sistem seperti inilah yang membuat kita semakin mudah melakukan pekerjaan – pekerjaan rumit saat ini.

Mudah – mudahan cerita dari saya memberikan informasi yang bermaafaat untuk pembaca sekalian.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :