IBNU HAJAR

Berpacu menjadi yang terbaik

Kategori

google

    Loading

Calender

Artificial Intelligence

diposting oleh ibnu-h--fst10 pada 07 April 2013
di Umum - 0 komentar

Artificial intelligence (Ai) atau yang kita kenal sebagai kecerdasan merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana mesin (komputer) dapat mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesign mesin agar dapat menirukan perilaku manusia (John McCharthy,1956). Nah, ide pembuatan Ai ini berawal ketika seorang ahli matematika inggris bernama Alan Turing bereksperimen dengan membuat suatu program komputer yang dapat menjawab pertanyaan dari operatornya. Menurut Turing sebuah mesin (komputer) dikatakan cerdas apabila dapat membuat seseorang percaya bahwa dia dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Seiring berjalannya waktu para pakar mulai berpikir bagaimana mengembangkan teknologi tersebut. Berawal dari penelitian yang dilakukan turing tahun 1950 yang dinilai sebagai pioner kemunculan Ai hingga saat ini teknologi ini terus berkembang.

Manusia sebagai mahluk yang paling sempurna, memiliki pola berpikir yang unik. Cara pengambilan keputusan untuk setiap permasalahan yang ada melalui proses yang cukup rumit untuk didefinisikan. Banyak aspek yang dipertimbangkan dalamproses penyelesaian masalah pada manusia. Bisa dari segi pengalaman masa lalu, efisiensi, hasil yang didapat, dll. Pola seperti inilah yang coba diterapkan kepada komputer agar dapat meniru perilaku manusia. Cara pengambilan suatu keputusan yang didasari dari banyak pertimbangan dan kemungkinan yang ada. Dalam pembelajarannya suatu mesin yang menggunakan Ai biasanya dilengkapi dengan metode heuristic. Metode ini berguna untuk membimbing mesin tersebut untuk melihat ruang masalah untuk kemudian menghubungkannya untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Dengan ini mesin Ai seolah – olah memiliki logika pemikiran layaknya seorang manusia.

Dari proses inilah saat ini mulai muncul robot – robot humanoid yang dapat menirukan perilaku manusia seperti berjalan, berlari, bernyanyi, berdansa, dll. Meskipun masih banyak kekurangan, diharapkan kedepannya dapat dibentuk robot yang bisa menjadi partner kerja manusia. ^^

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :