IBNU HAJAR

Berpacu menjadi yang terbaik

Kategori

google

    Loading

Calender

Robot Humanoid

diposting oleh ibnu-h--fst10 pada 30 September 2013
di Umum - 0 komentar

Salam bloger, kali ini saya akan membahas mengenai robot humanoid. Salah satu robot humanoid yang saat ini populer adalah asimo. Asimo diresmikan pada tahun 2000an di sebuah laboratorium robotika besutan honda R&D di Jepang. Penyempurnaan mengenai robot humanoid ini terus berkembang hingga saat ini. Saat ini asimo menjadi robot humanoid paling canggih.

Sejak kemunculannya pada tahun 2000an, asimo telah banyak dibekali oleh fitur-fitur canggih agar dapat berinteraksi dengan manusia. Beberapa fitur yang terdapat pada asimo antara lain sebagai berikut:

  1. Pengenalan benda bergerak

Asimo dibekali sepasang kamera yang menjadi visual input bagi asimo. Dengan bantuan kamera tersebut  asimo dapat mengenali objek yang bergerak dan memperkirakan jarak dengan objek tersebut.

2.  Pengenalan postur dan gerak

Sebagai robot yang dirancang untuk dapat berinteraksi dengan manusia, asimo dibekali pengenalan postur tubuh. Dengan teknologi ini asimo dapat diperintah menggunakan postur tubuh lawan bicaranya atau dapat memperkirakan kapan harus berjabat tangan apabila lawan bicaranya mengajak berjabat tangan.

3. Pengenalan lingkungan

Asimo dapat beradaptasi untuk tidak membahayakan dirinya maupun orang yang berada disekitarnya. Misalnya menghindari penghalang ketika berjalan.

4. Membedakan suara

Asimo juga dapat membedakan suara manusia dan suara – suara lainnya. Sehingga dia dapat membeberikan respon ketika diajak berbicara oleh manusia.

Saat ini asimo telah mengalami berbagai penyempurnaan. Mulai dari tatabahasa, respons, keseimbangan tubuh, dll. Saat ini asimo dapat melakukan beberapa perilaku yang susah dilakukan robot pada umumnya. Seperti menaiki tangga, berdansa, bahkan asimo menjadi satu – satunya robot humanoid yang dapat berlari tanpa kehilangan keseimbangan. Perkembangan yang sangat pesat ini diharapkan dapat membuat asimo menjadi partner manusia dimasa mendatang.

Berikut video mengenai asimo, selamat menyimak. :)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :