IBNU HAJAR

Berpacu menjadi yang terbaik

Kategori

google

    Loading

Calender

Pembahasan Jurnal Part 1

diposting oleh ibnu-h--fst10 pada 14 October 2013
di Umum - 0 komentar

Kali ini saya akan membahas suatu jurnal dengan judul Semiflexible bundle model explain the elasticity of fibrin network oleh I.K. Piechocka, K.A. Jansen, dkk.

Pada jurnal ini dibahas mengenai bagaimana keelastisitasan dari benang fibrin yang terbentuk ketika proses penyembuhan luka normal.

Pada jurnal ini diteliti bagaimana sebuah jaringan benang fibrin menjadi begitu elastis sehingga dapat membantu pembekuan darah. Dari beberapa percobaan yang dilakukan para peneliti ini mencoba membuat tiruan dari sebuah serat fibrin menggunakan suatu bahan polimer.


Bahan polimer yang digunakan dibentuk sehalus mungkin sehingga menyerupai serat fibrin dan selanjutnya dibandingkan dengan serabut fibrin.
Pada tubuh manusia serabut fibrin diproduksi ketika seseorang mengalami luka. Secara alamiah tubuh akan membentuk sistem pertahanan dengan membentuk serat - serat fibrin. Serat fibrin ini dibentuk sedemikian elastis mungkin untuk dapat membendung aliran darah agar tidak keluar tubuh.
Sifat unik dari jaringan fibrin inilah yang menarik perhatian untuk dilakukan penelitian lebih lanjut pada suatu polimer. Nah untuk prosesnya akan ssaya lanjutkan minggu depan.

=)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :